PENDAHULUAN
PENGANTAR
TEKNOLOGI INFORMASI
Cakupan Materi
BAB I.PENGETAHUAN DASAR KOMPUTER
Konsep Komputer
Struktur Komputer
Manfaat Komputer
Kemampuan Komputer
Perkembangan Gaya Komputasi
Karakteristik Komputer
BAB II. PERKEMBANGAN DAN KLASIFIKASI
KOMPUTER
Perkembangan Perangkat Keras (Hardware)
Perkembangan Perangkat Lunak (Software)
Klasifikasi Komputer
BAB III. PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat Input
Perangkat Output
Perangkat Pemroses (CPU)
Perangkat Penyimpan
Multimedia
Pengantar Teknologi Informasi"
BAB IV. PERANGKAT LUNAK KOMPUTER
Sistem Operasi UNIX
Sistem Operasi LINUX
Sistem Operasi Windows
Sistem Operasi DOS
Sistem Operasi Lain
Software Aplikasi (Bahasa Program dan
Program Aplikasi )
BAB V. SISTEM PENGOLAH DATA
KOMPUTER
Abstraksi Sistem Komputer ( Digital Logic &
Control )
Arsitektur Komputer
Proses di Dalam CPU
Tahap Operasi Komputer
Representasi Data (Sistem Bilangan Komputasi)
Proses Pengolahan Data
BAB VI. SISTEM BASIS DATA & SISTEM
BERORIENTASI OBJEK
Konsep Basis Data
DataBase Manajemen Sistem
Teknik Merancang Model Basis Data
Sistem Berorientasi Objek
BAB VII. SISTEM INFORMASI BERBASIS
KOMPUTER
Konsep Sistem Informasi
Pembangunan Sistem Informasi
Model Pendekatan Pengembangan
BAB VIII. JARINGAN KOMPUTER
Konsep Jaringan Komputer
Penggolongan Jaringan :
• Fungsi Komputer dalam Jaringan
• Jangkauan Area Jaringan
• Topologi Jaringan
• Media Transmisi
• Standarisasi Arsitektur
• Protocol Jaringan
• NOS (Network Operating System)
Hardware Jaringan
BAB IX. INTERNET
Konsep Internet
Layanan Internet
Pengaksesan Alamat
Instalasi Internet
Membangun Web
Tip & Trik Berinternet
Bisnis di Internet
BAB X. KEAMANAN KOMPUTER
Munculnya Kejahatan Komputer
Konsep Keamanan
Ancaman Keamanan Komputer
Enkripsi
Keamanan Internet
Pemeliharaan Sistem Komputer
BAB XI. ETIKA DAN KERANGKA HUKUM
BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI
Etika Pemanfaatan Teknologi Informasi
Kriminalitas di Internet
Kerangka Hukum Bidang Teknologi Informasi
Perspektif Cyberlaw dalam Hukum
Sumber :
Aji Supriyanto," Pengantar Teknologi
Informasi", Salemba-Jakarta, 2005
BAB II
PERKEMBANGAN DAN
KLASIFIKASI KOMPUTER
Perkembangan Perangkat Keras
(Hardware)
Dikelompokkan dalam era sebelum Th.1940 dan
setelah Th. 1940
1833 - 1940
Analytical Engine
2000-an
Net & Intellegent Base
Era Sebelum Th. 1940
• Ribuan Tahun lalu (Sebelum Masehi) di
Cina ditemukan Abacus/Sempoa
• 1617, John Napier menciptakan
metode logaritma yang dinamakan
Napier's bones. Alat ini dapat dipakai
untuk melakukan operasi penambahan,
pengurangan, perkalian dan
pembagian, yang sebelumnya secara
sederhana oleh Abdullah Muhammad
Ibn Musa al Khwarizmi. Al Khwarizmi
seorang ahli matematika dari
770-840 Masehi, telah menemukan
konsep Algorizm.
• Pada tahun 1642 Blaise Pascal
menciptakan mesin hitung mekanik
yang pertama yang diberi nama
Pascaline
Abacus/Sempoa
Blaise Pascal dan mesin Pascaline
tahun 1890 Jacquard membuat konsep punched, yaitu sebuah
konsep yang melakukan tugas pada dua buah kemungkinan yaitu
dengan menentukan adanya lubang (plong) dan tiada berlubang
yang menandakan permulaan penggunaan nomor binar dalam
pemprosesan data. Selanjutnya pada tahun 1890 Herman Hollerith
kemudian mempopularkan penggunaan kartu plong (punch card)
sebagai alat input data dengan mencipta mesin Penjadualan
Hollerith.
• Baru pada tahun 1822 Charles Babbage
yang digelar “Bapak Komputer” telah
merancang apa yang dinamakan Difference
Engine. Yang selanjutnya dikembangkan
menjadi Analytical Engine pada tahun 1833
yang oleh George Scheutz pada tahun
1855 dan pada tahun 1889, digunakan
sebagai mesin kilang Analitik . Semua
komputer pada saat menggunakan model
mesin seperti yang rancang oleh Babbage
yang terdiri atas input, memori,
pemprosesan dan output.
Pada tahun 1854, ahli matematik dari Inggris,
George Boole telah mencipta satu bidang
algebra. Pada tahun 1937 Howard Aiken
memperkenalkan mesin yang dibuat dari
komponen-komponen mekanik dan elektonik
yang dinamai MARK 1. Mesin ini bisa
menyelesaikan masalah fungsi trigonometri dan
dasar perhitungan matematika.
• Setelah itu baru mulai tahun 1940 muncul
teknologi baru komputer dengan perangkat
elektronik digital.
Era Setelah Th.1940
I. Generasi Pertama (1940 -1959)
• ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator)
merupakan generasi pertama komputer digital
elektornik yang digunkan untuk kebutuhan umum.
dibuat pada tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly
dan John Presper Eckert di Moore
Engineering (
selesai pada tahun 1946. ENIAC berukuran sangat
besar, untuk penempatannya, membutuhkan ruang 500
m2. ENIAC menggunakan 18.000 tabung hampa
udara, 75.000 relay dan sakelar, 10.000 kapasitor dan
70.000 resistor. Ketika di operasikan, ENIAC
membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilowatt dengan
berat lebih dari 30 ton, dan menempati ruangan sekitar167 m2.
Semua input dan output dilakukan
melalui kartu plong. Dalam waktu
1 detik, ENIAC mampu
melakukan 5.000 perhitungan
dengan 10 digit angka yang bila
dilakukan secara manual oleh
manusia akan memakan waktu
300 hari, dan ini merupakan
operasi yang paling cepat saat itu
dibanding dengan semua
komputer mekanis lainnya.
ENIAC dioperasikan sampai
tahun 1955. Teknologi yang
digunakan ENIAC adalah
menggunakan tabung vakum
yang dipakai oleh Laboratorium
Riset Peluru Kendali Angkatan
Darat (Army’s Ballistics Research
Laboratory –LBR)
ENIAC
Teknologi Tabung Vacum
• Mesin Von Neumann
Dikembangkan tahun 1945 oleh seorang ahli matematika yaitu John Von
Neumann yang juga merupakan konsultan proyek ENIAC. Dia
memberikan gagasan sebagai stored-program concept, yaitu sebuah
konsep untuk mempermudah proses program agar dapat
direpresentasikan dalam bentuk yang cocok untuk penyimpanan didalam
memori untuk semua data. Gagasan ini juga dibuat hampir pada waktu
yang bersamaan oleh Turing. Selanjutnya Von Neumann
mempublikasikan dengan nama baru yaitu EDVAC (Electronic Discrete
Variable Komputer).
Mesin tersebut disebut sebagai generasi pertama komputer elektronik
terprogram modern yang disediakan secara komersial dengan nama
EDVAC, EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator) dan
UNIVAC 1 dan 2(Universal Automatic Komputer) yang dikembangkan
oleh Eckert dan Mauchly. Untuk pertama kalinya komputer tersebut
menggunakan RAM (Random Access Memory) untuk menyimpan bagianbagian
dari dan data yang diperlukan secara cepat.
Dengan konsep itulah John Von Neumann dijuluki sebagai bapak
komputer modern pertama di didunia, yang konsepnya masih digunakan
sampai sekarang. Von Neumann juga merupakan orang yang pertama
mencetuskan istilah "game theory" yang kemudian berkembang menjadi
ilmu tersendiri. Game theory bermanfaat untuk mensimulasikan game,
seperti catur, bridge, dan sejenisnya. Dia juga bermanfaat untuk
mensimulasikan perang (penting di dunia pertahanan).
• Pada pertengahan tahun 1950 UNIVAC
mengalami kemajuan dalam beberapa
aspek pemrograman tingkat lanjut,
sehingga merupakan komputer general
purpose (tujuan umum) pertama yang
didesain untuk menggunakan angka dan
huruf dan menggunakan pita magnetik
sebagai media input dan output-nya. Hal
ini yang dianggap sebagai tahun
kelahiran industri komputer yang
didominasi perusahaan IBM dan Sperry.
Dan komputer UNIVAC pertama kali
digunakan untuk keperluan kalkulasi
sensus di AS tahun 1951, dan
dioperasikan sampai tahun 1963
• Selain itu IBM memproduksi IBM 605
dan IBM 701 pada tahun 1953 yang
berorientasi pada aplikasi bisnis dan
merupakan komputer paling populer
sampai tahun 1959. IBM 705 dikeluarkan
untuk menggantikan IBM 701 yang
kemudian memantapkan IBM dalam
industri pengolahan data.
II. Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
Komputer generasi kedua ditandai dengan ciri-ciri seperti berikut :
• Menggunakan teknologi sirkuit berupa transistor dan dioda untuk
menggantikan tabung vacum.
• Sudah menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat
tinggi seperti FORTRAN dan COBOL.
• Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core
Storage.
• Menggunakan simpanan luar berupa magnetic tape dan
magnetic disk.
• Kemampuan melakukan proses real-time dan real-sharing.
• Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dibandingkan komputer
generasi pertama.
• Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu bisa dapat melakukan
jutaan operasi per detik.
• Kebutuhan akan daya listrik lebih kecil.
• Orientasinya program tidak lagi tertuju pada aplikasi bisnis, tapi
juga sudah ke aplikasi teknik.
• Dibanding dengan tabung, teknologi
transistor jauh lebih efisien sebagai
switch dan dapat diperkecil ke skala
mikroskopik. Era ini juga menandakan
permulaan munculnya minikomputer
yaitu DEC PDP-8 dibuat pada tahun
1964 untuk keperluan pengolahan
data komersial.
• Jenis-jenis komputer lain yang
muncul pada generasi ini diantaranya
adalah UNIVAC III, UNIVAC SS80,
SS90 dan 1107, Burroughs 200
(pabrik pembuatnya Burroughs), IBM
7070, 7080, 1400 dan 1600 (pabrik
pembuatnya International Business
Machine), NCR 300 (pabrik
pembuatnya National Cash Register),
Honeywell 400 dan 800 (pabrik
pembuatnya Honeywell), CDC 1604
dan 160A (pabrik pembuatnya Control
Data Corporation), serta GE 635, 645
dan 200 (pabrik pembuatnya General Electric).
III. Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)
Ciri-ciri lain komputer generasi ketiga adalah :
• Menggunakan IC, maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat.
Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi
pertama.
• Peningkatan dari sisi software
• Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter
(sebelumnya hanya puluhan ribu).
• Menggunakan media penyimpan luar disk magnetik (external disk) yang
sifatnya pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan
kapasitas besar (jutaan karakter).
• Penggunaan listrik yang lebih hemat.
• Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
• Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
• Harga yang semakin murah.
• Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain
Contoh-contoh komputer generasi ketiga diantaranya adalah, IBM S/360,
UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughs 5700, 6700, 7700, NCR Century,
GE 600, CDC 3000, 6000 dan 7000, PDP-8 dan PDP-11 (pabrik
pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation).
Mulai generasi ketiga inilah teknologi IC
(Integrated Circuit) menjadi ciri utama
karena mulai digunakan pada sebuah
perangkat komputer hingga generasi
sekarang. Komponen IC berbentuk
hybrid atau solid (SLT) dan monolithic
(MST). SLT adalah transistor dan dioda
diletakkan terpisah dalam satu tempat
sedangkan MST adalah elemen
transistor, dioda dan resistor diletakkan
bersama dalam suatu chip. MST lebih
kecil tapi mempunyai kemampuan lebih besar dibanding SLT.
IV. Komputer Generasi Keempat (1970 – 1980-an)
Ciri-cirinya :
• Merupakan kelanjutan dari generasi ketiga. Bedanya bahwa IC pada generasi
keempat lebih kompleks dan terintegrasi. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan
yang dianggap sebagai komputer generasi keempat. Pertama, penggunaan LSI
(Large Scale Integration) yang disebut juga dengan nama Bipolar Large Scale
Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam
sebuah keeping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan
suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC.
• LSI kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang
dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya
dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan microprocessor dan
semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara
generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.
• Perusahaan Intel pada tahun 1971 memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang
menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang berisi 230 transistor dan
berjalan pada 108 KHz (Kilo Herzt) dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi
perdetik. Dilanjutkan pada tahun 1972 Intel memperkenalkan mikrokomputer 8008
yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu. Selanjutnya microprosesor 8080
dibuat tahun 1974, dan merupakan prosesor untuk tujuan umum pertama.
Sebelumnya adalah prosesor 4004 dan 8008 dirancang untuk kebutuhan aplikasi
tertentu, prosesor 8080 kemampuannya lebih cepat dan memiliki set instruksi yang
lebih kaya, dan memiliki kemampuan pengalamatan yang lebih besar. Pada
generasi keempat ini tampilan monitor masih satu warna (green color).
Komputer-komputer generasi keempat
diantaranya adalah IBM 370, Apple I
dan Apple II, PDP-11, VisiCalc dan
Altair yang menggunakan prosesor Intel
8080, dengan sistem operasi CP/M
(Control Program for Microprocessor),
dengan bahasa pemrograman Microsoft
BASIC(Beginners Allpurpose Symbolic
Instruction Code). Sebagai catatan
bahwa pada komputer-komputer
generasi keempat ini tidak satupun yang
PC-compatible atau macintoshcompatible.
Sehingga pada generasi ini
belum ditentukan standart sebuah
komputer terutama PC (personal Komputer).
V. Komputer Generasi Kelima(1980-an - ? )
Ciri-cirinya :
• Mulai diproduksi PC massal tahun 1980 oleh IBM, yang
terkenal dengan IBM-PC, yang selanjutnya dikuasai Intel
untuk hardwarenya dan Microsoft untuk Softwarenya.
• Prosesor yang digunakan adalah 8088/8086 yang
menjadi standart komputer saat itu, yang menggunakan
basis dengan proses 16 bit per satu waktu.
• Telah dilakukan pengembangan dengan apa yang
dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan
menggantikan chip yg mempunyai kemampuan
memproses trilyunan operasi perdetik. (sementara
teknologi chip hanya mampu memproses milyaran
operasi perdetik).
• Komputer mampu menerjemahkan bahasa manusia,
manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan
komputer serta penghematan energi komputer. Sifat luar
biasa ini disebut sebagai "artificial intelligence“.
• berbasis GUI (Graphic User Interface), multimedia, dan multikomunikasi.
Contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi kelima berbasis x86, seperti chip
286 yang diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian
chip 386 pada tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486
diperkenalkan pada tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor. Selanjutnya
pada tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang dikenal
sebuatan Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakukan 90 MIPS
(Million Instruction Per Second). Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya
yaitu Pentium 2,3, dan 4.
Pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4, yang merupakan prosesor
terakhir dalam keluarga intel dengan architectur 32 bit (IA-32). Intel tahun 2001
mengumumkan prosesor Itanium (code named
prosesor dengan basis architecture 64 bit (IA-64) pertama. Itanium merupakan
prosesor pertama milik Intel dengan instruksi-instruksi 64 bit dan akan
menelurkan satu generasi baru dari sistem operasi dan aplikasi, sementara masih
mempertahankan backward compatible dengan software 32 bit. Perlu diketahui
bahwa semenjak dikeluarkannya prosesor 386, komputer beroperasi pada 32 bit
per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4. Hingga
sekarang komputer yang digunakan kebanyakan orang, masih menggunakan
basis 32 bit.
Pada generasi Pentium selain ciri khas pada peningkatan kecepatan akses datanya
juga bentuk tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan
berwarna serta multimedia, dan yang lebih penting adalah fungsi komputer
menjadi lebih “cerdas”. Meskipun computer pada generasi ini ukuran fisiknya
menjadi lebih kecil dan simpel namun memiliki kemampuan yang semakin canggih.
Komputer Generasi Masa Depan
Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu
saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang terbuat
dari bahan protein sintetis. Robot yang dibuat dengan
bahan ini kelak akan merupakan manusia tiruan.
Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian
sekarang ini yaitu mikro optik serta input-output audio yang
mungkin digunakan oleh komputer akan datang. Ahli-ahli
sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang
komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan
program oleh pengguna . Komputer tanpa program
(programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama
generasi komputer akan datang.
Jadi secara prinsip bahwa ciri-ciri dari komputer masa
mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah yang
memiliki kemampuan diantaranya 'melihat', 'mendengar',
'berbiacara', dan 'berfikir' serta mampu membuat
kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer akan
memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan
dan perilaku pembuatnya (manusia). Di samping itu,
kelebihannya yang lain yaitu kecerdasan untuk
memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa
berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya
semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih
menakjubkan. Bahkan sebagaian besar aktifitas akan
digantikan oleh perangkat yang dinamakan komputer, kita tunggu saja.
Perkembangan Perangkat Lunak
(Software)
Konsep Software
Perangkat lunak (software) adalah perangkat abstrak yang merupakan
bagian utama selain hardware dari sistem komputer. Tanpa suatu
software, komputer adalah sebuah rongsokan elektronik, yang tidak
berguna sama sekali. Hardware komputer akan “hidup” dan memiliki
fungsi jika digunakan bersama-sama dengan software-nya.
Bentuk paling primitif dari Perangkat lunak adalah menggunakan aljabar
Boolean, yang direpresentasikan dalam binary digit (bit), yaitu bernilai
1 (benar/on) atau 0 (salah/off), yang kemudian dikelompokkan menjadi
4-bit (nible), 8-bit (byte), 16-bit (word), 32-bit (double word), 64-bit, dan
seterusnya. Dari dasar bilangan biner itulah sebuah program
assembler dibentuk untuk membuat software-software yang lain.
Jadi perangkat lunak yang ada hingga saat ini konsep dasarnya dibentuk
dari sebuah kode-kode biner yang kemudian di kemas dalam sebuah
bahasa mesin (machine language), bahasa assembler, bahasa C, dan
sebagainya, hingga menjadi software-software yang mudah
dimanfaatkan oleh pengguna computer.
Evolusi Perangkat Lunak
Evolusi perangkat lunak secara garis besar dibedakan menjadi era sebelum adanya komputer
dan setelah adanya komputer.
• Era perangkat lunak sebelum adanya komputer di bedakan menjadi dua era yaitu :
– Era primitif (+ 300 SM), dimana perangkat lunak dibuat dengan melakukan petunjukpetunjuk
sederhana dengan menggunakan kode-kode gerak sejenis semaphore.
– Era Mekanis (1840-an – 1930-an) yang diterapkan pada peralatan Analytical Engine
dan pemakaian mesin kartu plong (punch card).
• Sedangkan era perangkat lunak setelah adanya komputer yang berarti menggunakan
teknologi elektronis dibedakan menjadi :
– Era Pioner (1940 – 1960), bentuk perangkat lunak masih berupa sambungansambungan
kabel ke antar bagian komputer dan berbentuk kartu punch (plong). Ciri-ciri
lain dari era pioneer ini adalah masih menggunakan proses yang terkelompok (batch),
distribusi terbatas, dan diproduksi untuk keperluan khusus.
– Era Stabil (1960-1980), komputer sudah diproduksi secara massal dan perangkat
lunak sudah bisa menjalankan beberapa fungsi proses secara serampak (multitasking).
Ciri yang lain dapat digunakan untuk menyelesaikan banyak pengguna (multi user)
secara cepat dan langsung (real time), produk software bisa digunakan secara terpisah,
sudah menggunakan sistem database.
– Era Mikro (1980 -1990) , perangkat lunak diproduksi untuk kebutuhan komputer
jaringan (networking) dan tersebar (distributed), harganya murah sehingga banyak
digunakan untuk kebutan pribadi (home), bersifat automasi untuk kecerdasan buatan
(artifical intelegent).
– Era Modern (1990 - ? ), memiliki ciri perangkat lunak berbasis multimedia, desktop dan
portable, berteknologi objek, sistem pakar, pemrosesan paralel, dan dapat
berkomunikasi jaringan global.
Perangkat Lunak Sistem Operasi
• Jenis Software komputer dibagi menjadi software sistem operasi dan
aplikasi. Software Aplikasi seperti bahasa pemrograman, software
program aplikasi, software paket aplikasi, software utilitas, serta
software games dan multimedia.
• Perangkat lunak Sistem operasi (operating system/OS) mempunyai
dua fungsi utama yakni:
• Pengelolaan seluruh sumber daya sistem komputer (resource
manager). Mengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem
komputer baik fisik seperti monitor, processor, dan sebagainya,
maupun non fisik (abstrak) yaitu data dan program.
• Sistem operasi sebagai penyedia layanan (extended/virtual machine) ,
yaitu sistem operasi menyediakan sekumpulan layanan (disebut sistem
call) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan
penggunaan dan pemanfaatan sumber daya sistem komputer.
Sistem Operasi dan perkembangannya
I. UNIX
• 1969 UNIX lahir pada PDP-7
• 1971 UNIX Versi 1, pada DEC PDP-11/20
• 1973 UNIX Versi 4, dalam bahasa C, dibentuk
kelompok PWB (Programmer's Workbench) dan
USG (UNIX Suport Group)
• 1974 UNIX Versi 5, untuk pendidikan 1975
UNIX Versi 6, disebar ke litbang Universitas
muncul versi BSD (Berkeley Software
Distributions)
• 1979 UNIX Versi 7, portable dan dilengkapi
dengan kompiler C dan Bourne Shell 1982
UNIX System III, Gabungan PWB dan USG
• 1983 UNIX System V, ditambahkan versi
BSD, seperti vi dan C shell
• Perkembangan selanjutnya yang sampai saat ini
masih mendominasi pemakaian sistem operasi
keturunan UNIX adalah dengan keluarnya:
Digital UNIX, HP-UX, IBM AIX, Sun Solaris, dan
lainnya. Sedangkan yang bersifat Proprietary
(misalnya: DIGITAL OpenVMS, IBM OS/400,
SGI IRIX, dan lainnya).
II. LINUX
Linux adalah sebuah program (sistem operasi) open source yang gratis dibawah
lisensi GNU, sistem beroperasi pada 32-64 bit, yang merupakan turunan dari
UNIX dan dapat dijalankan pada berbagai macam platform hardware mulai dari
Intel (x86) hingga prosesor RISC. GNU (GNU's Not Unix, GNU Bukan Unix).
Beberapa alasan yang menjadikan sistem operasi Linux sangat terkenal pada saat ini
adalah :
• Bisa didapatkan secara gratis, dan di-support untuk pengembanan bebas di internet
oleh siapapun. Bandingkan dengan harga software-software milik Microsoft, windows
misalnya harganya selangit.
• Fitur-fiturnya semakin lengkap, dengan tampilan yang windows-oriented (GUI) sehingga
semakin mudah digunakan (user friendly).
• Berjalan di berbagai platform termasuk Intel.
• Di Dukung software program dan utilitas yang semakin lengkap.
• Dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple,
Microsoft dan Novell.
• bersifat multi user, multi tasking, dan internet base.
• sistem keamanan jaringan dan data yang lebih baik.
• Berjalan pada sistem arsitektur 16/32-bit.
• Banyak variant dari Linux, sehingga kita bisa leluasa memilihnya.
• Karena merupakan sistem operasi bebas dan dukungan para penggemar linux, linux
berkembang sangat cepat apalagi bangsa-bangsa dinegara maju seperti eropa hampir
kebanyakan memanfaatkan Linux dibanding windows.
Sejarah Linux itu sendiridimulai pada tahun 1991, ketika
mahasiswa Universitas Helsinki, Finlandia bernama
Linus Benedict Torvalds menulis Linux, sebuah kernel
untuk prosesor 80386, prosesor 32-bit pertama dalam
kumpulan CPU intel yang cocok untuk PC. Logo Linux
yang digunakan adalah Tux atau penguin, digunakan
penguin sebagai logo ceritanya saat Torvald berjalanjalan
dengan rekannya Andrew Tridgell (penyusun
samba, yaitu sebuah program yang memungkinkan
mesin UNIX termasuk linux berkomunikasi dengan
windows dalam sebuah jaringan), tiba-tiba Torvald
dipatok pingun, dan semenjak itu ia mengalami demam
berhari-hari. Dia berpikir, bahwa karakter itu yang cocok
untuk mewakili Linux.
Linux bisa didapatkan dalam berbagai distribusi (sering
disebut Distro). Distro adalah bundel dari kernel Linux,
beserta sistem dasar linux, program instalasi, tools basic,
dan program-program lain yang bermanfaat sesuai
dengan tujuan pembuatan distro.
distro Linux, diantaranya :RedHat, Debian, Slackware,
SuSE, Mandrake, WinLinux, Caldera, Turbo Linux dan
masih banyak distro-distro lainnya yang telah tersedia maupun
yang akan muncul.
III. Windows
Milik Perusahaan
Microsoft, yang
dipimpin William
Bill Gates.
Ciri utama sistem
operasi Windows
adalah berbasis
GUI (Graphical
User Interface)
sehingga mudah
digunakan
(dioperasikan).
Dimulai Win3.x
berbasis 16 bit,
winNT 32 bit,
hingga XP 64 bit.
• Sistem Operasi Lain
Sebenarnya masih banyak sistem operasi lain
yang ada, namun kurang begitu populer
dibanding seperti diatas. Misalnya OS/360
yang digunakan pada komputer IBM
mainframe tahun 1964, CP/M (Control
Program/Microprocessor) untuk komputer 8
bit, DOS (Disk Operating System) milik IBM
yang kemudian diadopsi Microsoft,
Symbian, Novell Netware, Machintos
berbasis GUI pertama kali untuk komputer
Apple, dan sebagainya.
Perangkat Lunak Aplikasi
• Bahasa Pemrograman. Bahasa pemrograman
adalah bahasa yang digunakan untuk memprogram
komputer, yang dibagi menjadi tiga level bahasa
yaitu :
– bahasa tingkat rendah (low level language), contoh bahasa
mesin (machine language)
– bahasa tingkat menengah (middle level language) contoh
Assembler
– bahasa tingkat tinggi (high level language) contoh Pascal,
C, Fortran, COBOL, BASIC, kemudian bahasa yang
berbasis XBase, Visual, .NET, dll.
• Paket Aplikasi. Merupakan software aplikasi yang
berupa paket dengan tujuan khusus. seperti MS-Word,
MS-Excel, Corel Draw, PhotoShop, dan masih banyak
lagi. ( Untuk Lebih Lengkap Baca Bab 4).
Klasifikasi Komputer
I. Komputer Berdasarkan Tujuan Pemakaian
• Special-purpose Computer
merupakan jenis komputer yang
dirancang dan digunakan untuk
tujuan-tujuan pemakaian pada
masalah khusus yang biasanya
hanya berupa satu masalah saja.
Special-purpose Computer
merupakan jenis komputer yang
dirancang dan digunakan untuk
tujuan-tujuan pemakaian pada
masalah khusus yang biasanya
hanya berupa satu masalah saja
• General-Purpose Computer
digunakan untuk menyelesaikan
berbagai masalah. Dapat
digunakan untuk menyelesaikan
program yang bermacam-macam
dan jenis permasalahan yang
berbeda seperti untuk pengolah
kata, grafis, permainan dan lainlain
Yang termasuk jenis
komputer ini adalah komputer
digital PC (Personal Computer)
yang biasa kita pakai dirumah,
dikantor, atau disekolah. Namun
ada juga komputer jenis analog
yang tergolong general-purpose.
II. Komputer Berdasarkan data yang Diolah
• Komputer Analog. Digunakan untuk mengolah data yang
sifatnya berkelanjutan dan bukan data yang berupa angka,
melainkan dalam bentuk pisik seperti arus listrik, temperatur,
kecepatan, tekanan dan sebagainya. Kelebihan komputer analog
adalah kemampuannya untuk menerima data dalam besaran fisik dan
dapat langsung mengukur data tersebut tanpa harus dikonversi dulu
sehingga prosesnya lebih cepat. Keluarannya biasanya berupa grafik
atau bentuk dial. Contoh besaran pada arus listrik yang berupa
gambar-gambar grafik sinyal
• Komputer Digital. Data dalam komputer digital berupa angka atau
huruf. Komputer jenis ini biasanya digunakan untuk aplikasi bisnis dan
teknik, contohnya komputer PC yang umum digunakan orang.
Keunggulan komputer digital adalah :
– Proses data lebih tepat dibandingkan komputer analog.
– Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses.
– Dapat melakukan operasi logika.
– Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi dan dihapus.
– Output yang dihasilkan dapat berupa angka, huruf, grafik atau gambar.
• Komputer Hybrid.
Komputer hybrid
merupakan kombinasi
komputer analog dan
digital. Digunakan pada
aplikasi khusus,
diperlukan komputer yang
lebih cepat daripada
komputer analog dan
lebih tepat daripada
komputer digital.
III. Komputer Berdasarkan Ukuran dan Kemampuannya
Saat ini ukuran fisik komputer agak sulit dijadikan
patokan atas kemampuan atau kapasitasnya. Sebab
ukuran komputer mikro atau bahkan Notebook saat ini
bisa melebihi kemampuan dari mini komputer yang ada
sekitar tahun 1970-an. Namun kita bisa melakukan
perbandingan pada masa generasi yang sama. Selain
bentuk fisiknya, kemampuan yang diukur biasanya
ditunjukkan atas kemampuan kapasitas memori, kapasitas
penyimpanan storage (harddisk), dan kemampuan laju
prosesornya, serta ukuran fisik komputer itu sendiri. Untuk itu
dibedakan menjadi Komputer Super (super computer),
Komputer Besar (large computer), Komputer Menengah
(midle computer), Komputer Kecil (Small Computer),
Komputer Mini (mini computer), dan Komputer Mikro (micro
computer). Semakin besar ukuran komputer akan semakin
besar jumlah memori, kapasitas penyimpan, dan jumlah prosesornya.
BAB I
PENGETAHUAN DASAR
KOMPUTER
KONSEP KOMPUTER
Banyak pendapat tentang definisi dari kata
“kumputer”, yang nantinya berkembang
pada definisi tentang sistem komputer,
ilmu komputer, dan teknologi Informasi.
• Istilah dari komputer itu sendiri berasal
dari bahasa latin computare yang
mengandung arti “menghitung” (to
compute atau reckon).
DIPANDANG DARI SISI BAHASA :
• Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata komputer
terdapat ke dalam penggunaan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646
sebagai kata bagi "orang yang menghitung", kemudian menjelang 1897
juga didefinisikan untuk mesin yang bisa menghitung.
• Dalam bahasa Perancis kata komputer, disebut sebagai istilah "ordinateur",
yang berarti kira-kira "organisator", atau "memisahkan mesin".
• Di Spanyol disebut "ordenador", dengan arti sama, walaupun di beberapa
negara digunakan kata anglicism computadora.
• Dalam bahasa Itali, komputer ialah "calcolatore", kalkulator, menekankannya
computasional menggunakan di balik yang logis seperti penyortiran.
• Dalam bahasa Swedia, komputer dipanggil "dator" dari "data", yang pada era
tahun 1950-an, diberinama "matematikmaskin" (mesin matematika).
• Dalam Bahasa Cina, komputer dipanggil "dian now" atau suatu "otak listrik".
• Oxford English Dictionary (OED2), edisi ke 2, mendefinisaikan Komputer
adalah suatu perangkat yang digunakan untuk perhitungan atau
mengendalikan operasi-operasi yang dinyatakan dalam bentuk numeriK atau logika.
PANDANGAN DARI
• Menurut V.C. Hamacher dalam bukunya “Computer Organization” ,
komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat
menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai
dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan
output berupa informasi.
• Menurut Robert H. Blissmer (1985), dalam bukunya “Computer
Annual”, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan
beberapa tugas sebagai berikut:
- menerima input
- memproses input tadi sesuai dengan programnya
- menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
- menyediakan output dalam bentuk informasi.
• Sedangan William M. Fuori dalam bukunya “Introduction To The
Computer, The Tool Of Business”, berpendapat bahwa komputer adalah
suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara
cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa
campur tangan dari manusia.
• Menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk
memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan
diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data
input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksiisntruksi
yang telah tersimpan dalam memori.
Dari definisi diatas, maka dapat ditarik
kesimpulan:
Komputer adalah seperangkat elektronik
yang dapat menerima masukan (input),
dan selanjutnya melakukan pengolahan
(process) untuk menghasilkan keluaran
(output) berupa informasi.
Sistem komputer adalah kumpulan dari elemenelemen
komputer (Hardware, software,
brainware) yang salin berhubungan (terintegrasi)
dan saling berinteraksi untuk melakukan
pengolahan data dengan tujuan menghasilkan
informasi sesuai dengan yang diharapkan.
Gambaran Perangkat Komputer
Langkah antara tahap satu ke tahap berikutnya pada perangkat keras
(hardware), dikendalikan oleh pemakai (brainware), menggunakan operasi
tertentu berupa perangkat lunak (software) komputer. Tahap yang terjadi adalah
data yang telah didapatkan dan dikumpulkan selanjutnya dimasukkan oleh
pemakai atau pengguna (brainware) pada perangkat input (input devices),
kemudian dengan metode tertentu data yang di-input-kan diolah atau diproses
oleh perangkat proses (process devices) dan selanjutnya dihasilkan informasi oleh perangkat keluaran (output devices).
• Hal lain yang berhubungan dengan istilah komputer
adalah Teknologi Informasi (TI), namun sudah menjadi
definisi umum bahwa istilah teknologi informasi identik
dengan komputer.
• Pada intinya istilah Teknologi Informasi (Information
Technology /IT) adalah teknologi yang memanfaatkan
komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah
data menjadi informasi yang bermanfaat.
• Pengolahan data dengan komputer tersebut juga dikenal
dengan istilah Pengolahan data Elektronik (PDE) /
Electronic Data Processing (EDP), yang didefinisikan
sebagai proses manipulasi data ke dalam bentuk yang
lebih berguna berupa informasi dengan menggunakan
komputer.
Ilmu Komputer
• CSAB (Computing Sciences Accreditation Board,
http://www.csab.org) mendefinisikan Ilmu Komputer adalah
ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan
komputasi. Di dalamnya terdapat teoritika, eksperimen, dan
pendesainan komponen, serta termasuk didalamnya hal-hal
yang berhubungan dengan:
– Teori-teori untuk memahami komputer device, program,
dan sistem
– Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan
konsep
– Metodologi desain, algoritma, dan tool untuk
merealisasikannya
– Metode analisa untuk melakukan pembuktian bahwa
realisasi sudah sesuai dengan requirement yang diminta.
• Peter J. Denning mendefinisikan Ilmu Komputer adalah
studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan
dan mentrasformasikan informasi, baik itu berhubungan
dengan teori-teori, analisa, desain, efisiensi, implementasi,
ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya. Dennings juga
mengklasifikasi bidang ilmu komputer yang terbagi dalam 12
subbidang (versi sebelumnya adalah 9 subbidang), yaitu :
– Algoritma dan Struktur Data (Algorithms and Data Structures)
– Arsitektur (Architecture)
– Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
– Artificial Intelligence dan Robotik (Artificial Intelligence and
Robotics)
– Interaksi manusia dan Komputer (Human Computer Interaction)
– Organisasi Informatika (Organizational Informatics)
– Bahasa Pemrograman (Programming Languages)
– Sistem Operasi dan Jaringan (Operating Systems and Networks)
– Database dan Sistim Retrieval Informasi (Database and
Information Retrieval Systems)
– Grafika Komputer (Computer graphics)
– Ilmu Komputasi (Computational Sciences)
– BioInformatik (BioInformatics)
Keterkaitan Bidang Ilmu Komputer
Ilmu komputer berkaitan erat dengan beberapa bidang seperti :
• Ilmu Informasi adalah ilmu yang mempelajari data dan
informasi, mencakup bagaimana menginterpretasi,
menganalisa, menyimpan, dan mengambil kembali. Ilmu
informasi dimulai sebagai dasar dari analisa komunikasi dan
basis data.
• Rekayasa Perangkat Lunak menekankan analisa, desain, dan
konstruksi dari perangkat lunak menggunakan alat-alat dan
cara kerja yang baru.
• Sistem Informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung
operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan
perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Sistem
Informasi Manajemen adalah kunci dari bidang yang
menekankan finansial dan personal manajemen.
• Rekayasa Komputer adalah ilmu yang mempelajari analisa,
desain, dan konstruksi dari perangkat keras komputer.
• Keamanan Informasi adalah ilmu yang mempelajari analisa
dan implementasi dari keamanan sistem informasi (termasuk
kriptografi).
MANFAAT KOMPUTER
• Bidang Pendidikan
Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran dikenali sebagai CBE
(Computer Based Education). Menurut pendapat Robert Taylor, peranan
komputer dalam pendidikan dibagi menjadi 3 bagian yaitu TUTOR, TOOL dan
TUTEE. Sebagai TUTOR, komputer berperanan sebagai pengajar melalui
pendekatan pengajaran berbantukan komputer. Sebagai TOOL, komputer
menjadi alat untuk memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran seperti
konteks pengajaran berintergrasikan komputer. Komputer juga dugunakan
untuk melakukan pengolahan data proses pembelajaran, seperti pengolahan
data nilai siswa, penjadwalan, beasiswa, dan sebagainya. Sebagai TUTEE
komputer berperanan sebagai alat yang diajar, dan bisa melakukan Tanya
jawab atau dialog dengan komputer yang biasa disebut dengan CAI (Computer
Assist Instruction).
Sebagai misal, komputer memberi kemudahan dalam mencari dan
menghasilkan bahan-bahan pembelajaran yaitu dengan adanya perpustakaan
elektronik (e-library) atau buku elektronik (e-book). Dengan adanya Internet kita
bisa mencari koleksi perpustakaan berupa buku-buku, modul, jurnal, paper,
majalah,
pembelajaran jarak jauh melalui internet yang dikenal dengan elektronic
learning (e-learning). Bahkan saat ini di beberapa negera telah menerapkan
pembelajarannya lewat internet atau semacam universitas terbuka. Kita bisa
belajar lewat buku-buku atau modul yang disajikan secara menarik dan selain
bentuk teks dan gambar juga bisa audio-visual yang diberikan lewat internet, atau bahkan secara video conference (teleconference).
• Bidang Industri dan Manufaktur
Di bidang industri, komputer dipergunakan untuk mengontrol mesinmesin
produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer
Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan,
(Computer Aided Manufacture), CAD (Computer Aided Design),
yaitu untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan
dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik, misal sebuah mesin
serba guna dalam industri metal. Banyak pula mesin-mesin dalam
industri garmen dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya
melakukan pewarnaan, membuat border, dan sebagainnya. Selain
itu industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara
otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang
dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan manusia.
Contohnya tangan robot dikontrol oleh komputer digunakan untuk
memasang komponen-komponen renik dan chip-chip pada
motherboard komputer, memasang komponen-komponen pada
perangakat elektornik seperti televisi, radio/tape, dan lain
sebagainya. Bahkan merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat
berat lain telah dikontrol oleh komputer.
• Bidang Bisnis dan Perbankan
Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer
akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik,
maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan
tepat.Sistem Informasi Manajemen (SIM) / Management Information
system (MIS), merupakan sistem informasi yang sudah banyak
diterapkan pada perusahaan yang bergerak bidang perdagangan
barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, bahkan
perusahaan kecil. Di perusahaan dagang seperti department store,
telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang
dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat
dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara
cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan,
menghitung rugi laba, inventori dan sebagainya.
Di bidang perbankan, telah memperkenalkan solusi core banking,
seperti Finacle, yang memberikan solusi bagi bank yang ingin
melakukan layanan finansial. Penghitungan keuangan, bunga,
layanan keuangan seperti e-banking, e-cash, ATM, dan sebagainya
merupakan contoh konkrit yang selama ini banyak digunakan di
perbankan.
• Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan
Komputer sangat bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan yang
sulit dan membutuhkan presisi tinggi yang tidak mungkin dilakukan
oleh manusia. Ini biasanya digunakan untuk keperluan penelitian
dan riset.
komputer sebelum menguji coba sesungguhnya dari hasil
temuannya, misalnya membuat model reaktor nuklir, membuat
model-model atom dan molekul. Komputer juga bisa digunakan
untuk bidang ilmu pengetahuan alam misalnya mempelajari
keadaan struktur tanah, keadaan angin, cuaca, dan sebagainya.
Dalam bidang bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak
yang dilengkapi dengan kontrol komputer untuk mengusahakan
ketelitian kerja pada ruang steril. Pada bidang teknik sipil komputer
digunakan untuk menghitung presisi dan kekuatan kunstruksi
bangunan, bidang arsitektur komputer digunakan untuk mensimulasi
gambar-gambar ruang secara tiga dimensi.
• Bidang Penerbangan dan Kemiliteran
Di bidang penerbangan dan luar angkasa komputer
digunakan untuk mengontrol kendali pesawat
menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat,
mengontrol panel-panel kendali seperti keadaan mesin,
bahan bakar, dan kecepatan. Komputer juga digunakan
untuk mengontrol pesawat ruang angkasa baik dengan
awak maupun tanpa awak ke planet dan mempelajari
keadaan dan isi planet.
Dibidang militer komputer digunakan untuk
mengendalikan senjata atau peluru kendali. Untuk
navigasi kapal laut dan kapal selam, untuk melakukan
simulasi peperangan, dan melakukan pengiriman sandisandi rahasia militer.
• Bidang Kedokteran
Di bidang kedokteran komputer sangat berperan untuk menolong
jiwa manusia, dan riset bidang kedokteran. Komputer digunakan
untuk mendiagnosa penyakit, menemukan obat yang tepat,
menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat.
Sistem CAT (Computerized Axial Tomography) untuk menggambar
struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak
bergerak dengan menggunakan sinar-X. Sedangkan untuk yang
bergerak menggunakan sistem DSR (Dynamic Spatial
Reconstructor), yaitu melihat gambar dari berbagai sudut organ
tubuh. SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography),
merupakan sistem komputer yang mempergunakan gas radiokatif
untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam
bentu gambar. Bentuk lain adalah PET (Position Emission
Tomography) juga merupakan sistem komputer yang menampilkan
gambar yang mempergunakan isotop radioaktif. Selain itu NMR
(Nuclear Magnetic Resonance), yaitu teknik mendiagnosa dengan
cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hydrogen.
Saat ini telah ada temuan baru yaitu komputer DNA, yang mampu
mendiagnosis penyakit sekaligus memberi obat.
• Bidang Kriminalitas
Komputer dapat digunakan untuk Crime analaisis Support system,
yaitu sistem pendukung keputusan bidang kriminalitas. Polisi dapat
mempelajari fakta dan mengambil kesimpulan dengan cepat dan
tepat, misalnya mendeteksi pelanggaran lalu lintas, melakukan sidik
jari, dan sebagainya. Sistem komputer lain yang digunakan untuk
bidang kriminalitas adalah :
PROMIS (Prosecutor-Offender management Information System),
yang dapat memberikan informasi mengenai masalah-masalah
kriminalitas mana yang paling penting dan dapat memberikan
informasi mengenai bukti-bukti dari tertuduh untuk dibawa ke
pengadilan.
CATCH (Computer-Assisted Terminal Criminal Hunt), menyediakan
informasi mengenai deskripsi secara mendetail dari orang-orang
yang dicurigai dan akan tampil di layer komputer.
MOTION (Metropolitan
menyediakan informasi tentang orang-orang yang pernah terlibat
kejahatan berupa data pribadi, nama samaran, sidik jari, dan foto
dari berbagai sudut.
ARJIS (Automated Reginal Justice Information System),
menyediakan informasi sidik jari dan tingkah laku pelaku kriminal.
• Bidang Entertainment dan Games
Saat ini komputer tidak saja digunakan pada bidangbidang
pekerjaaan dan penelitaian saja. Namun banyak
yang digunakan untuk bidang entertainment dan
permainan (games).
Bidang entertainment misalnya untuk pembuatan
animasi, periklanan, settting, bahkan untuk bermain
musik. Di bidang Permainan komputer bisa digunakan
untuk permainan (games) tiga dimensi (3D) dilengkapi
dengan audiovisual yang menarik dan memberikan
special efect. Bahkan kita dapat bermain dengan teman
dalam satu komputer. Atau kita bermain dengan lawan
dari komputer itu sendiri, misalnya bermain catur dan
kartu.
• Bidang Komunikasi Jaringan Global (Internet)
Dengan adanya komunikasi jaringan global pada
komputer yang biasa disebut dengan internet, rasanya
manusia yang menggunakan internet seolah bisa
“menggengam dunia”. Segala sesuatu yang dibutuhkan
tersedia pada internet baik yang gratis maupun
membayar. Dengan internet manusia bisa melakukan
komunikasi data teks, gambar, video, suara, bahkan
komunikasi audiovisual secara langsung.
Pengguna internet bisa mencari informasi apa saja yang
dibutuhkan misalnya ; informasi berita, sekolah, buku
dan perpustakaan, kencan dan perjodohan, belanja atau
pembayaran on-line, chatting, memutar radio, video,
musik, bermain games,saling menukar informasi dan
data (mail), konsultasi dan Tanya jawab, pooling,
periklanan, dan bahkan merusak komputer orang lain
dari jarak jauh, pesan kamar hotel, tiket pesawat, dan
sebagainya.
• Bidang Pemerintahan
Hampir setiap perkantoran suatu instansi pemerintahan telah menggunakan
komputer. Penggunaannya mulai sekedar untuk mengolah data
administrasi tata usaha, pelayanan masyarakat (public services),
pengolahan dan dokumentasi data penduduk, perencanaan, statistika,
pengambilan keputusan, dan lain sebagainya.
E-Government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat
meningkatkan hubungan antara Pemerintah dan pihak-pihak lain.
Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan
bentuk baru seperti: G2C (Government to Citizen), G2B (Government to
Business Enterprises), dan G2G (inter-agency relationship). Bahkan saat ini
dengan adanya e-government, komputer memiliki peran yang sangat
penting bagi pemerintah untuk melakukan sosialisasi berbagai kebijakan,
melakukan pemberdayaan masyarakat, termasuk kerjasama antar
pemerintah, mayarakat, dan pelaku bisnis, memperkenalkan potensi
wilayah dan pariwisata, dan sebagainya.
Dimungkinkan bahwa teknologi informasi dalam masa yang akan datang
akan digunakan untuk pengambilan keputusan politik, misalnya untuk
pemilihan umum (E-voting) Selain itu masyarakat bisa menyampaikan
aspirasi secara langsung kepada para eksekutif dan legislative pemerintah
melalui e-mail atau elektronik forum melalui web yang dibangun pemerintah
setempat
Kemampuan Komputer
Kecepatan dan ketepatan dalam mengolah data
dan menghasilkan informasi adalah kemampuan
utama yang dimiliki komputer. Selain itu
kemampuan kapasitas penyimpanan data dalam
memori atau simpanan luar seperti harddisk
saat ini terjadi peningkatan kapasitas yang
sangat luar biasa. Kemampuan-kemampuan lain
yang dimiliki komputer adalah kecepatan
mengirim data dalam format apapun antar
komputer dalam jaringan wilayah lokal, regional,
maupun global.
Kecepatan akses data dalam sebuah operasi
komputer dinyatakan dalam satuan seperti
Millisecond (ms), Microsecond (ms), Nanosecond
(ns), Picosecond (ps). Satuan Picosecond (ps)
merupakan satuan waktu yang paling cepat dalam
sebuah akses komputer.
Komputer juga memiliki satuan kapasitas
penyimpanan ingatan (memory) yang bisa dinyatakan
seperti table 1.2. dibawah. Saat ini penyimpanan luar
seperti harddisk telah diproduksi dengan kapasitas
memori ratusan GB (GegaByte).
Perkembangan Gaya Komputasi
komputasi yang terjadi pada suatu masa tertentu. Berdasarkan analisis
yang dilakukan oleh Gartner Group, gaya-gaya komputasi terbagi menjadi
Punch-Card Computing, Mainframe/Midrange Computing, Client/Server), dan
Internet/Network Computing. Secara skematis gaya-gaya tersebut dapat dilihat
pada gambar dibawah ini
Karakteristik Komputer
• Komputer tidak mempunyai perasaan atau emosi, sehingga komputer dalam melakukan
aktifitasnya akan bersifat statis.
• Komputer mampu menyimpan data yang besar dan dalam waktu yang lama,dan sifat data yang
disimpan bersifat dinamis, diamana sewaktu-waktu data dapat dilakukan perubahan dan
pembaharuan jika dikehendaki.
• Komputer bisa melakukan pengurutan dan pencarian dalam waktu yang singkat dalam hitungan
detik bahkan milidetik meskipun jumlah data sangat besar. Bahkan pengurutan dengan komputer
bisa dilakukan secara menaik (ascending) atau pengurutan menurun (descending) dalam waktu
sekejap.
• Komputer mampu mengolah data perhitungan yang besar dengan cepat dan akurat. Perhitungan
aritmatika, logika, dan perhitungan apapun bisa dilakukan dengan presisi yang mendekati
seratus persen kebenarannya. Komputer yang berkembang saat ini dalam perhitungan aritmatik
komputer sanggup melakukan perhitungan sampai jutaan triliun dengan angka desimal yang
bisa dikatakan tak terhingga.
• Komputer juga. mampu menerima dan mengeluarkan data atau informasi yang besar dalam
waktu yang cepat.
Keterbatasan Komputer
• Tidak bisa berpikir secara dinamis, seperti manusia. Manusia berpikir akan diikuti atas perasaan
dan naluri yang bisa menimbulkan reaksi senang, sedih, dan sebagainya, sehingga dalam
pengambilan keputusan manusia mendasarkan pada pikiran dan perasaan (hati), sedangkan
komputer hanya berdasarkan perhitungan saja.
• Pekerjaan yang dilakukan komputer bisa mengurangi tenaga kerja manusia, akibatnya banyak
tenaga manusia yang tidak terpakai, sehingga banyak timbul pengangguran.
• Data yang tersimpan dalam komputer memiliki resiko yang lebih tinggi, karena dimungkinkan
bisa diambil atau disadap oleh pengguna lain (hacker), meskipun telah diberi pelindung program
atau password. Seperti terjadinya pemalsuan transaksi seperti di perbankan dan pembobolan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar