Jumat, 06 Juni 2008

Tugas PTI

PENDAHULUAN

PENGANTAR

TEKNOLOGI INFORMASI

Cakupan Materi

BAB I.PENGETAHUAN DASAR KOMPUTER

��Konsep Komputer

��Struktur Komputer

��Manfaat Komputer

��Kemampuan Komputer

��Perkembangan Gaya Komputasi

��Karakteristik Komputer

BAB II. PERKEMBANGAN DAN KLASIFIKASI

KOMPUTER

��Perkembangan Perangkat Keras (Hardware)

��Perkembangan Perangkat Lunak (Software)

��Klasifikasi Komputer

BAB III. PERANGKAT KERAS KOMPUTER

��Perangkat Input

��Perangkat Output

��Perangkat Pemroses (CPU)

��Perangkat Penyimpan

Multimedia

Pengantar Teknologi Informasi"

BAB IV. PERANGKAT LUNAK KOMPUTER

�� Sistem Operasi UNIX

��Sistem Operasi LINUX

��Sistem Operasi Windows

��Sistem Operasi DOS

��Sistem Operasi Lain

��Software Aplikasi (Bahasa Program dan

Program Aplikasi )

BAB V. SISTEM PENGOLAH DATA

KOMPUTER

�� Abstraksi Sistem Komputer ( Digital Logic &

Control )

��Arsitektur Komputer

��Proses di Dalam CPU

��Tahap Operasi Komputer

��Representasi Data (Sistem Bilangan Komputasi)

��Proses Pengolahan Data

BAB VI. SISTEM BASIS DATA & SISTEM

BERORIENTASI OBJEK

��Konsep Basis Data

��DataBase Manajemen Sistem

��Teknik Merancang Model Basis Data

��Sistem Berorientasi Objek

BAB VII. SISTEM INFORMASI BERBASIS

KOMPUTER

��Konsep Sistem Informasi

��Pembangunan Sistem Informasi

��Model Pendekatan Pengembangan

BAB VIII. JARINGAN KOMPUTER

�� Konsep Jaringan Komputer

�� Penggolongan Jaringan :

• Fungsi Komputer dalam Jaringan

• Jangkauan Area Jaringan

• Topologi Jaringan

• Media Transmisi

• Standarisasi Arsitektur

• Protocol Jaringan

• NOS (Network Operating System)

�� Hardware Jaringan

BAB IX. INTERNET

��Konsep Internet

��Layanan Internet

��Pengaksesan Alamat

��Instalasi Internet

��Membangun Web

��Tip & Trik Berinternet

��Bisnis di Internet

BAB X. KEAMANAN KOMPUTER

��Munculnya Kejahatan Komputer

��Konsep Keamanan

��Ancaman Keamanan Komputer

��Enkripsi

��Keamanan Internet

��Pemeliharaan Sistem Komputer

BAB XI. ETIKA DAN KERANGKA HUKUM

BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI

��Etika Pemanfaatan Teknologi Informasi

��Kriminalitas di Internet

��Kerangka Hukum Bidang Teknologi Informasi

��Perspektif Cyberlaw dalam Hukum Indonesia

Sumber :

Aji Supriyanto," Pengantar Teknologi

Informasi", Salemba-Jakarta, 2005

BAB II

PERKEMBANGAN DAN

KLASIFIKASI KOMPUTER

Perkembangan Perangkat Keras

(Hardware)

Dikelompokkan dalam era sebelum Th.1940 dan

setelah Th. 1940

1833 - 1940

Analytical Engine

2000-an

Net & Intellegent Base

Era Sebelum Th. 1940

• Ribuan Tahun lalu (Sebelum Masehi) di

Cina ditemukan Abacus/Sempoa

• 1617, John Napier menciptakan

metode logaritma yang dinamakan

Napier's bones. Alat ini dapat dipakai

untuk melakukan operasi penambahan,

pengurangan, perkalian dan

pembagian, yang sebelumnya secara

sederhana oleh Abdullah Muhammad

Ibn Musa al Khwarizmi. Al Khwarizmi

seorang ahli matematika dari

Uzbekistan yang hidup di masa tahun

770-840 Masehi, telah menemukan

konsep Algorizm.

• Pada tahun 1642 Blaise Pascal

menciptakan mesin hitung mekanik

yang pertama yang diberi nama

Pascaline

Abacus/Sempoa

Blaise Pascal dan mesin Pascaline

tahun 1890 Jacquard membuat konsep punched, yaitu sebuah

konsep yang melakukan tugas pada dua buah kemungkinan yaitu

dengan menentukan adanya lubang (plong) dan tiada berlubang

yang menandakan permulaan penggunaan nomor binar dalam

pemprosesan data. Selanjutnya pada tahun 1890 Herman Hollerith

kemudian mempopularkan penggunaan kartu plong (punch card)

sebagai alat input data dengan mencipta mesin Penjadualan

Hollerith.

• Baru pada tahun 1822 Charles Babbage

yang digelar “Bapak Komputer” telah

merancang apa yang dinamakan Difference

Engine. Yang selanjutnya dikembangkan

menjadi Analytical Engine pada tahun 1833

yang oleh George Scheutz pada tahun

1855 dan pada tahun 1889, digunakan

sebagai mesin kilang Analitik . Semua

komputer pada saat menggunakan model

mesin seperti yang rancang oleh Babbage

yang terdiri atas input, memori,

pemprosesan dan output.

Pada tahun 1854, ahli matematik dari Inggris,

George Boole telah mencipta satu bidang

algebra. Pada tahun 1937 Howard Aiken

memperkenalkan mesin yang dibuat dari

komponen-komponen mekanik dan elektonik

yang dinamai MARK 1. Mesin ini bisa

menyelesaikan masalah fungsi trigonometri dan

dasar perhitungan matematika.

• Setelah itu baru mulai tahun 1940 muncul

teknologi baru komputer dengan perangkat

elektronik digital.

Era Setelah Th.1940

I. Generasi Pertama (1940 -1959)

ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator)

merupakan generasi pertama komputer digital

elektornik yang digunkan untuk kebutuhan umum.

dibuat pada tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly

dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical

Engineering (University of Pennsylvania) dan baru

selesai pada tahun 1946. ENIAC berukuran sangat

besar, untuk penempatannya, membutuhkan ruang 500

m2. ENIAC menggunakan 18.000 tabung hampa

udara, 75.000 relay dan sakelar, 10.000 kapasitor dan

70.000 resistor. Ketika di operasikan, ENIAC

membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilowatt dengan

berat lebih dari 30 ton, dan menempati ruangan sekitar167 m2.

Semua input dan output dilakukan

melalui kartu plong. Dalam waktu

1 detik, ENIAC mampu

melakukan 5.000 perhitungan

dengan 10 digit angka yang bila

dilakukan secara manual oleh

manusia akan memakan waktu

300 hari, dan ini merupakan

operasi yang paling cepat saat itu

dibanding dengan semua

komputer mekanis lainnya.

ENIAC dioperasikan sampai

tahun 1955. Teknologi yang

digunakan ENIAC adalah

menggunakan tabung vakum

yang dipakai oleh Laboratorium

Riset Peluru Kendali Angkatan

Darat (Army’s Ballistics Research

Laboratory –LBR) USA.

ENIAC

Teknologi Tabung Vacum

Mesin Von Neumann

Dikembangkan tahun 1945 oleh seorang ahli matematika yaitu John Von

Neumann yang juga merupakan konsultan proyek ENIAC. Dia

memberikan gagasan sebagai stored-program concept, yaitu sebuah

konsep untuk mempermudah proses program agar dapat

direpresentasikan dalam bentuk yang cocok untuk penyimpanan didalam

memori untuk semua data. Gagasan ini juga dibuat hampir pada waktu

yang bersamaan oleh Turing. Selanjutnya Von Neumann

mempublikasikan dengan nama baru yaitu EDVAC (Electronic Discrete

Variable Komputer).

Mesin tersebut disebut sebagai generasi pertama komputer elektronik

terprogram modern yang disediakan secara komersial dengan nama

EDVAC, EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator) dan

UNIVAC 1 dan 2(Universal Automatic Komputer) yang dikembangkan

oleh Eckert dan Mauchly. Untuk pertama kalinya komputer tersebut

menggunakan RAM (Random Access Memory) untuk menyimpan bagianbagian

dari dan data yang diperlukan secara cepat.

Dengan konsep itulah John Von Neumann dijuluki sebagai bapak

komputer modern pertama di didunia, yang konsepnya masih digunakan

sampai sekarang. Von Neumann juga merupakan orang yang pertama

mencetuskan istilah "game theory" yang kemudian berkembang menjadi

ilmu tersendiri. Game theory bermanfaat untuk mensimulasikan game,

seperti catur, bridge, dan sejenisnya. Dia juga bermanfaat untuk

mensimulasikan perang (penting di dunia pertahanan).

• Pada pertengahan tahun 1950 UNIVAC

mengalami kemajuan dalam beberapa

aspek pemrograman tingkat lanjut,

sehingga merupakan komputer general

purpose (tujuan umum) pertama yang

didesain untuk menggunakan angka dan

huruf dan menggunakan pita magnetik

sebagai media input dan output-nya. Hal

ini yang dianggap sebagai tahun

kelahiran industri komputer yang

didominasi perusahaan IBM dan Sperry.

Dan komputer UNIVAC pertama kali

digunakan untuk keperluan kalkulasi

sensus di AS tahun 1951, dan

dioperasikan sampai tahun 1963

• Selain itu IBM memproduksi IBM 605

dan IBM 701 pada tahun 1953 yang

berorientasi pada aplikasi bisnis dan

merupakan komputer paling populer

sampai tahun 1959. IBM 705 dikeluarkan

untuk menggantikan IBM 701 yang

kemudian memantapkan IBM dalam

industri pengolahan data.

II. Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)

Komputer generasi kedua ditandai dengan ciri-ciri seperti berikut :

• Menggunakan teknologi sirkuit berupa transistor dan dioda untuk

menggantikan tabung vacum.

• Sudah menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat

tinggi seperti FORTRAN dan COBOL.

• Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core

Storage.

• Menggunakan simpanan luar berupa magnetic tape dan

magnetic disk.

• Kemampuan melakukan proses real-time dan real-sharing.

• Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dibandingkan komputer

generasi pertama.

• Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu bisa dapat melakukan

jutaan operasi per detik.

• Kebutuhan akan daya listrik lebih kecil.

• Orientasinya program tidak lagi tertuju pada aplikasi bisnis, tapi

juga sudah ke aplikasi teknik.

• Dibanding dengan tabung, teknologi

transistor jauh lebih efisien sebagai

switch dan dapat diperkecil ke skala

mikroskopik. Era ini juga menandakan

permulaan munculnya minikomputer

yaitu DEC PDP-8 dibuat pada tahun

1964 untuk keperluan pengolahan

data komersial.

• Jenis-jenis komputer lain yang

muncul pada generasi ini diantaranya

adalah UNIVAC III, UNIVAC SS80,

SS90 dan 1107, Burroughs 200

(pabrik pembuatnya Burroughs), IBM

7070, 7080, 1400 dan 1600 (pabrik

pembuatnya International Business

Machine), NCR 300 (pabrik

pembuatnya National Cash Register),

Honeywell 400 dan 800 (pabrik

pembuatnya Honeywell), CDC 1604

dan 160A (pabrik pembuatnya Control

Data Corporation), serta GE 635, 645

dan 200 (pabrik pembuatnya General Electric).

III. Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)

Ciri-ciri lain komputer generasi ketiga adalah :

• Menggunakan IC, maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat.

Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi

pertama.

• Peningkatan dari sisi software

• Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter

(sebelumnya hanya puluhan ribu).

• Menggunakan media penyimpan luar disk magnetik (external disk) yang

sifatnya pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan

kapasitas besar (jutaan karakter).

• Penggunaan listrik yang lebih hemat.

• Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.

• Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.

• Harga yang semakin murah.

• Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain

Contoh-contoh komputer generasi ketiga diantaranya adalah, IBM S/360,

UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughs 5700, 6700, 7700, NCR Century,

GE 600, CDC 3000, 6000 dan 7000, PDP-8 dan PDP-11 (pabrik

pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation).

Mulai generasi ketiga inilah teknologi IC

(Integrated Circuit) menjadi ciri utama

karena mulai digunakan pada sebuah

perangkat komputer hingga generasi

sekarang. Komponen IC berbentuk

hybrid atau solid (SLT) dan monolithic

(MST). SLT adalah transistor dan dioda

diletakkan terpisah dalam satu tempat

sedangkan MST adalah elemen

transistor, dioda dan resistor diletakkan

bersama dalam suatu chip. MST lebih

kecil tapi mempunyai kemampuan lebih besar dibanding SLT.

IV. Komputer Generasi Keempat (1970 – 1980-an)

Ciri-cirinya :

• Merupakan kelanjutan dari generasi ketiga. Bedanya bahwa IC pada generasi

keempat lebih kompleks dan terintegrasi. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan

yang dianggap sebagai komputer generasi keempat. Pertama, penggunaan LSI

(Large Scale Integration) yang disebut juga dengan nama Bipolar Large Scale

Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam

sebuah keeping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan

suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC.

• LSI kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang

dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya

dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan microprocessor dan

semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara

generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.

• Perusahaan Intel pada tahun 1971 memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang

menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang berisi 230 transistor dan

berjalan pada 108 KHz (Kilo Herzt) dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi

perdetik. Dilanjutkan pada tahun 1972 Intel memperkenalkan mikrokomputer 8008

yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu. Selanjutnya microprosesor 8080

dibuat tahun 1974, dan merupakan prosesor untuk tujuan umum pertama.

Sebelumnya adalah prosesor 4004 dan 8008 dirancang untuk kebutuhan aplikasi

tertentu, prosesor 8080 kemampuannya lebih cepat dan memiliki set instruksi yang

lebih kaya, dan memiliki kemampuan pengalamatan yang lebih besar. Pada

generasi keempat ini tampilan monitor masih satu warna (green color).

Komputer-komputer generasi keempat

diantaranya adalah IBM 370, Apple I

dan Apple II, PDP-11, VisiCalc dan

Altair yang menggunakan prosesor Intel

8080, dengan sistem operasi CP/M

(Control Program for Microprocessor),

dengan bahasa pemrograman Microsoft

BASIC(Beginners Allpurpose Symbolic

Instruction Code). Sebagai catatan

bahwa pada komputer-komputer

generasi keempat ini tidak satupun yang

PC-compatible atau macintoshcompatible.

Sehingga pada generasi ini

belum ditentukan standart sebuah

komputer terutama PC (personal Komputer).

V. Komputer Generasi Kelima(1980-an - ? )

Ciri-cirinya :

• Mulai diproduksi PC massal tahun 1980 oleh IBM, yang

terkenal dengan IBM-PC, yang selanjutnya dikuasai Intel

untuk hardwarenya dan Microsoft untuk Softwarenya.

• Prosesor yang digunakan adalah 8088/8086 yang

menjadi standart komputer saat itu, yang menggunakan

basis dengan proses 16 bit per satu waktu.

• Telah dilakukan pengembangan dengan apa yang

dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan

menggantikan chip yg mempunyai kemampuan

memproses trilyunan operasi perdetik. (sementara

teknologi chip hanya mampu memproses milyaran

operasi perdetik).

• Komputer mampu menerjemahkan bahasa manusia,

manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan

komputer serta penghematan energi komputer. Sifat luar

biasa ini disebut sebagai "artificial intelligence“.

• berbasis GUI (Graphic User Interface), multimedia, dan multikomunikasi.

Contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi kelima berbasis x86, seperti chip

286 yang diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian

chip 386 pada tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486

diperkenalkan pada tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor. Selanjutnya

pada tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang dikenal

sebuatan Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakukan 90 MIPS

(Million Instruction Per Second). Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya

yaitu Pentium 2,3, dan 4.

Pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4, yang merupakan prosesor

terakhir dalam keluarga intel dengan architectur 32 bit (IA-32). Intel tahun 2001

mengumumkan prosesor Itanium (code named Merced), yang merupakan

prosesor dengan basis architecture 64 bit (IA-64) pertama. Itanium merupakan

prosesor pertama milik Intel dengan instruksi-instruksi 64 bit dan akan

menelurkan satu generasi baru dari sistem operasi dan aplikasi, sementara masih

mempertahankan backward compatible dengan software 32 bit. Perlu diketahui

bahwa semenjak dikeluarkannya prosesor 386, komputer beroperasi pada 32 bit

per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4. Hingga

sekarang komputer yang digunakan kebanyakan orang, masih menggunakan

basis 32 bit.

Pada generasi Pentium selain ciri khas pada peningkatan kecepatan akses datanya

juga bentuk tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan

berwarna serta multimedia, dan yang lebih penting adalah fungsi komputer

menjadi lebih “cerdas”. Meskipun computer pada generasi ini ukuran fisiknya

menjadi lebih kecil dan simpel namun memiliki kemampuan yang semakin canggih.

Komputer Generasi Masa Depan

Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu

saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang terbuat

dari bahan protein sintetis. Robot yang dibuat dengan

bahan ini kelak akan merupakan manusia tiruan.

Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian

sekarang ini yaitu mikro optik serta input-output audio yang

mungkin digunakan oleh komputer akan datang. Ahli-ahli

sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang

komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan

program oleh pengguna . Komputer tanpa program

(programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama

generasi komputer akan datang.

Jadi secara prinsip bahwa ciri-ciri dari komputer masa

mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah yang

memiliki kemampuan diantaranya 'melihat', 'mendengar',

'berbiacara', dan 'berfikir' serta mampu membuat

kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer akan

memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan

dan perilaku pembuatnya (manusia). Di samping itu,

kelebihannya yang lain yaitu kecerdasan untuk

memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa

berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya

semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih

menakjubkan. Bahkan sebagaian besar aktifitas akan

digantikan oleh perangkat yang dinamakan komputer, kita tunggu saja.

Perkembangan Perangkat Lunak

(Software)

Konsep Software

Perangkat lunak (software) adalah perangkat abstrak yang merupakan

bagian utama selain hardware dari sistem komputer. Tanpa suatu

software, komputer adalah sebuah rongsokan elektronik, yang tidak

berguna sama sekali. Hardware komputer akan “hidup” dan memiliki

fungsi jika digunakan bersama-sama dengan software-nya.

Bentuk paling primitif dari Perangkat lunak adalah menggunakan aljabar

Boolean, yang direpresentasikan dalam binary digit (bit), yaitu bernilai

1 (benar/on) atau 0 (salah/off), yang kemudian dikelompokkan menjadi

4-bit (nible), 8-bit (byte), 16-bit (word), 32-bit (double word), 64-bit, dan

seterusnya. Dari dasar bilangan biner itulah sebuah program

assembler dibentuk untuk membuat software-software yang lain.

Jadi perangkat lunak yang ada hingga saat ini konsep dasarnya dibentuk

dari sebuah kode-kode biner yang kemudian di kemas dalam sebuah

bahasa mesin (machine language), bahasa assembler, bahasa C, dan

sebagainya, hingga menjadi software-software yang mudah

dimanfaatkan oleh pengguna computer.

Evolusi Perangkat Lunak

Evolusi perangkat lunak secara garis besar dibedakan menjadi era sebelum adanya komputer

dan setelah adanya komputer.

• Era perangkat lunak sebelum adanya komputer di bedakan menjadi dua era yaitu :

Era primitif (+ 300 SM), dimana perangkat lunak dibuat dengan melakukan petunjukpetunjuk

sederhana dengan menggunakan kode-kode gerak sejenis semaphore.

Era Mekanis (1840-an – 1930-an) yang diterapkan pada peralatan Analytical Engine

dan pemakaian mesin kartu plong (punch card).

• Sedangkan era perangkat lunak setelah adanya komputer yang berarti menggunakan

teknologi elektronis dibedakan menjadi :

Era Pioner (1940 – 1960), bentuk perangkat lunak masih berupa sambungansambungan

kabel ke antar bagian komputer dan berbentuk kartu punch (plong). Ciri-ciri

lain dari era pioneer ini adalah masih menggunakan proses yang terkelompok (batch),

distribusi terbatas, dan diproduksi untuk keperluan khusus.

Era Stabil (1960-1980), komputer sudah diproduksi secara massal dan perangkat

lunak sudah bisa menjalankan beberapa fungsi proses secara serampak (multitasking).

Ciri yang lain dapat digunakan untuk menyelesaikan banyak pengguna (multi user)

secara cepat dan langsung (real time), produk software bisa digunakan secara terpisah,

sudah menggunakan sistem database.

Era Mikro (1980 -1990) , perangkat lunak diproduksi untuk kebutuhan komputer

jaringan (networking) dan tersebar (distributed), harganya murah sehingga banyak

digunakan untuk kebutan pribadi (home), bersifat automasi untuk kecerdasan buatan

(artifical intelegent).

Era Modern (1990 - ? ), memiliki ciri perangkat lunak berbasis multimedia, desktop dan

portable, berteknologi objek, sistem pakar, pemrosesan paralel, dan dapat

berkomunikasi jaringan global.

Perangkat Lunak Sistem Operasi

• Jenis Software komputer dibagi menjadi software sistem operasi dan

aplikasi. Software Aplikasi seperti bahasa pemrograman, software

program aplikasi, software paket aplikasi, software utilitas, serta

software games dan multimedia.

• Perangkat lunak Sistem operasi (operating system/OS) mempunyai

dua fungsi utama yakni:

• Pengelolaan seluruh sumber daya sistem komputer (resource

manager). Mengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem

komputer baik fisik seperti monitor, processor, dan sebagainya,

maupun non fisik (abstrak) yaitu data dan program.

• Sistem operasi sebagai penyedia layanan (extended/virtual machine) ,

yaitu sistem operasi menyediakan sekumpulan layanan (disebut sistem

call) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan

penggunaan dan pemanfaatan sumber daya sistem komputer.

Sistem Operasi dan perkembangannya

I. UNIX

• 1969 UNIX lahir pada PDP-7

• 1971 UNIX Versi 1, pada DEC PDP-11/20

• 1973 UNIX Versi 4, dalam bahasa C, dibentuk

kelompok PWB (Programmer's Workbench) dan

USG (UNIX Suport Group)

• 1974 UNIX Versi 5, untuk pendidikan 1975

UNIX Versi 6, disebar ke litbang Universitas

muncul versi BSD (Berkeley Software

Distributions)

• 1979 UNIX Versi 7, portable dan dilengkapi

dengan kompiler C dan Bourne Shell 1982

UNIX System III, Gabungan PWB dan USG

• 1983 UNIX System V, ditambahkan versi

BSD, seperti vi dan C shell

• Perkembangan selanjutnya yang sampai saat ini

masih mendominasi pemakaian sistem operasi

keturunan UNIX adalah dengan keluarnya:

Digital UNIX, HP-UX, IBM AIX, Sun Solaris, dan

lainnya. Sedangkan yang bersifat Proprietary

(misalnya: DIGITAL OpenVMS, IBM OS/400,

SGI IRIX, dan lainnya).

II. LINUX

Linux adalah sebuah program (sistem operasi) open source yang gratis dibawah

lisensi GNU, sistem beroperasi pada 32-64 bit, yang merupakan turunan dari

UNIX dan dapat dijalankan pada berbagai macam platform hardware mulai dari

Intel (x86) hingga prosesor RISC. GNU (GNU's Not Unix, GNU Bukan Unix).

Beberapa alasan yang menjadikan sistem operasi Linux sangat terkenal pada saat ini

adalah :

• Bisa didapatkan secara gratis, dan di-support untuk pengembanan bebas di internet

oleh siapapun. Bandingkan dengan harga software-software milik Microsoft, windows

misalnya harganya selangit.

• Fitur-fiturnya semakin lengkap, dengan tampilan yang windows-oriented (GUI) sehingga

semakin mudah digunakan (user friendly).

• Berjalan di berbagai platform termasuk Intel.

• Di Dukung software program dan utilitas yang semakin lengkap.

• Dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple,

Microsoft dan Novell.

• bersifat multi user, multi tasking, dan internet base.

• sistem keamanan jaringan dan data yang lebih baik.

• Berjalan pada sistem arsitektur 16/32-bit.

• Banyak variant dari Linux, sehingga kita bisa leluasa memilihnya.

• Karena merupakan sistem operasi bebas dan dukungan para penggemar linux, linux

berkembang sangat cepat apalagi bangsa-bangsa dinegara maju seperti eropa hampir

kebanyakan memanfaatkan Linux dibanding windows.

Sejarah Linux itu sendiridimulai pada tahun 1991, ketika

mahasiswa Universitas Helsinki, Finlandia bernama

Linus Benedict Torvalds menulis Linux, sebuah kernel

untuk prosesor 80386, prosesor 32-bit pertama dalam

kumpulan CPU intel yang cocok untuk PC. Logo Linux

yang digunakan adalah Tux atau penguin, digunakan

penguin sebagai logo ceritanya saat Torvald berjalanjalan

dengan rekannya Andrew Tridgell (penyusun

samba, yaitu sebuah program yang memungkinkan

mesin UNIX termasuk linux berkomunikasi dengan

windows dalam sebuah jaringan), tiba-tiba Torvald

dipatok pingun, dan semenjak itu ia mengalami demam

berhari-hari. Dia berpikir, bahwa karakter itu yang cocok

untuk mewakili Linux.

Linux bisa didapatkan dalam berbagai distribusi (sering

disebut Distro). Distro adalah bundel dari kernel Linux,

beserta sistem dasar linux, program instalasi, tools basic,

dan program-program lain yang bermanfaat sesuai

dengan tujuan pembuatan distro. Ada banyak sekali

distro Linux, diantaranya :RedHat, Debian, Slackware,

SuSE, Mandrake, WinLinux, Caldera, Turbo Linux dan

masih banyak distro-distro lainnya yang telah tersedia maupun

yang akan muncul.

III. Windows

Milik Perusahaan

Microsoft, yang

dipimpin William

Bill Gates.

Ciri utama sistem

operasi Windows

adalah berbasis

GUI (Graphical

User Interface)

sehingga mudah

digunakan

(dioperasikan).

Dimulai Win3.x

berbasis 16 bit,

winNT 32 bit,

hingga XP 64 bit.

• Sistem Operasi Lain

Sebenarnya masih banyak sistem operasi lain

yang ada, namun kurang begitu populer

dibanding seperti diatas. Misalnya OS/360

yang digunakan pada komputer IBM

mainframe tahun 1964, CP/M (Control

Program/Microprocessor) untuk komputer 8

bit, DOS (Disk Operating System) milik IBM

yang kemudian diadopsi Microsoft,

Symbian, Novell Netware, Machintos

berbasis GUI pertama kali untuk komputer

Apple, dan sebagainya.

Perangkat Lunak Aplikasi

Bahasa Pemrograman. Bahasa pemrograman

adalah bahasa yang digunakan untuk memprogram

komputer, yang dibagi menjadi tiga level bahasa

yaitu :

bahasa tingkat rendah (low level language), contoh bahasa

mesin (machine language)

bahasa tingkat menengah (middle level language) contoh

Assembler

bahasa tingkat tinggi (high level language) contoh Pascal,

C, Fortran, COBOL, BASIC, kemudian bahasa yang

berbasis XBase, Visual, .NET, dll.

• Paket Aplikasi. Merupakan software aplikasi yang

berupa paket dengan tujuan khusus. seperti MS-Word,

MS-Excel, Corel Draw, PhotoShop, dan masih banyak

lagi. ( Untuk Lebih Lengkap Baca Bab 4).

Klasifikasi Komputer

I. Komputer Berdasarkan Tujuan Pemakaian

Special-purpose Computer

merupakan jenis komputer yang

dirancang dan digunakan untuk

tujuan-tujuan pemakaian pada

masalah khusus yang biasanya

hanya berupa satu masalah saja.

Special-purpose Computer

merupakan jenis komputer yang

dirancang dan digunakan untuk

tujuan-tujuan pemakaian pada

masalah khusus yang biasanya

hanya berupa satu masalah saja

General-Purpose Computer

digunakan untuk menyelesaikan

berbagai masalah. Dapat

digunakan untuk menyelesaikan

program yang bermacam-macam

dan jenis permasalahan yang

berbeda seperti untuk pengolah

kata, grafis, permainan dan lainlain

Yang termasuk jenis

komputer ini adalah komputer

digital PC (Personal Computer)

yang biasa kita pakai dirumah,

dikantor, atau disekolah. Namun

ada juga komputer jenis analog

yang tergolong general-purpose.

II. Komputer Berdasarkan data yang Diolah

Komputer Analog. Digunakan untuk mengolah data yang

sifatnya berkelanjutan dan bukan data yang berupa angka,

melainkan dalam bentuk pisik seperti arus listrik, temperatur,

kecepatan, tekanan dan sebagainya. Kelebihan komputer analog

adalah kemampuannya untuk menerima data dalam besaran fisik dan

dapat langsung mengukur data tersebut tanpa harus dikonversi dulu

sehingga prosesnya lebih cepat. Keluarannya biasanya berupa grafik

atau bentuk dial. Contoh besaran pada arus listrik yang berupa

gambar-gambar grafik sinyal

Komputer Digital. Data dalam komputer digital berupa angka atau

huruf. Komputer jenis ini biasanya digunakan untuk aplikasi bisnis dan

teknik, contohnya komputer PC yang umum digunakan orang.

Keunggulan komputer digital adalah :

– Proses data lebih tepat dibandingkan komputer analog.

– Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses.

– Dapat melakukan operasi logika.

– Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi dan dihapus.

– Output yang dihasilkan dapat berupa angka, huruf, grafik atau gambar.

Komputer Hybrid.

Komputer hybrid

merupakan kombinasi

komputer analog dan

digital. Digunakan pada

aplikasi khusus,

diperlukan komputer yang

lebih cepat daripada

komputer analog dan

lebih tepat daripada

komputer digital.

III. Komputer Berdasarkan Ukuran dan Kemampuannya

Saat ini ukuran fisik komputer agak sulit dijadikan

patokan atas kemampuan atau kapasitasnya. Sebab

ukuran komputer mikro atau bahkan Notebook saat ini

bisa melebihi kemampuan dari mini komputer yang ada

sekitar tahun 1970-an. Namun kita bisa melakukan

perbandingan pada masa generasi yang sama. Selain

bentuk fisiknya, kemampuan yang diukur biasanya

ditunjukkan atas kemampuan kapasitas memori, kapasitas

penyimpanan storage (harddisk), dan kemampuan laju

prosesornya, serta ukuran fisik komputer itu sendiri. Untuk itu

dibedakan menjadi Komputer Super (super computer),

Komputer Besar (large computer), Komputer Menengah

(midle computer), Komputer Kecil (Small Computer),

Komputer Mini (mini computer), dan Komputer Mikro (micro

computer). Semakin besar ukuran komputer akan semakin

besar jumlah memori, kapasitas penyimpan, dan jumlah prosesornya.

BAB I

PENGETAHUAN DASAR

KOMPUTER

KONSEP KOMPUTER

Banyak pendapat tentang definisi dari kata

kumputer”, yang nantinya berkembang

pada definisi tentang sistem komputer,

ilmu komputer, dan teknologi Informasi.

• Istilah dari komputer itu sendiri berasal

dari bahasa latin computare yang

mengandung arti “menghitung” (to

compute atau reckon).

DIPANDANG DARI SISI BAHASA :

• Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata komputer

terdapat ke dalam penggunaan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646

sebagai kata bagi "orang yang menghitung", kemudian menjelang 1897

juga didefinisikan untuk mesin yang bisa menghitung.

• Dalam bahasa Perancis kata komputer, disebut sebagai istilah "ordinateur",

yang berarti kira-kira "organisator", atau "memisahkan mesin".

• Di Spanyol disebut "ordenador", dengan arti sama, walaupun di beberapa

negara digunakan kata anglicism computadora.

• Dalam bahasa Itali, komputer ialah "calcolatore", kalkulator, menekankannya

computasional menggunakan di balik yang logis seperti penyortiran.

• Dalam bahasa Swedia, komputer dipanggil "dator" dari "data", yang pada era

tahun 1950-an, diberinama "matematikmaskin" (mesin matematika).

• Dalam Bahasa Cina, komputer dipanggil "dian now" atau suatu "otak listrik".

Oxford English Dictionary (OED2), edisi ke 2, mendefinisaikan Komputer

adalah suatu perangkat yang digunakan untuk perhitungan atau

mengendalikan operasi-operasi yang dinyatakan dalam bentuk numeriK atau logika.

PANDANGAN DARI PARA AHLI :

• Menurut V.C. Hamacher dalam bukunya “Computer Organization” ,

komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat

menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai

dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan

output berupa informasi.

• Menurut Robert H. Blissmer (1985), dalam bukunya “Computer

Annual”, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan

beberapa tugas sebagai berikut:

- menerima input

- memproses input tadi sesuai dengan programnya

- menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan

- menyediakan output dalam bentuk informasi.

• Sedangan William M. Fuori dalam bukunya “Introduction To The

Computer, The Tool Of Business”, berpendapat bahwa komputer adalah

suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara

cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa

campur tangan dari manusia.

• Menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk

memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan

diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data

input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksiisntruksi

yang telah tersimpan dalam memori.

Dari definisi diatas, maka dapat ditarik

kesimpulan:

Komputer adalah seperangkat elektronik

yang dapat menerima masukan (input),

dan selanjutnya melakukan pengolahan

(process) untuk menghasilkan keluaran

(output) berupa informasi.

Sistem komputer adalah kumpulan dari elemenelemen

komputer (Hardware, software,

brainware) yang salin berhubungan (terintegrasi)

dan saling berinteraksi untuk melakukan

pengolahan data dengan tujuan menghasilkan

informasi sesuai dengan yang diharapkan.

Gambaran Perangkat Komputer

Langkah antara tahap satu ke tahap berikutnya pada perangkat keras

(hardware), dikendalikan oleh pemakai (brainware), menggunakan operasi

tertentu berupa perangkat lunak (software) komputer. Tahap yang terjadi adalah

data yang telah didapatkan dan dikumpulkan selanjutnya dimasukkan oleh

pemakai atau pengguna (brainware) pada perangkat input (input devices),

kemudian dengan metode tertentu data yang di-input-kan diolah atau diproses

oleh perangkat proses (process devices) dan selanjutnya dihasilkan informasi oleh perangkat keluaran (output devices).

• Hal lain yang berhubungan dengan istilah komputer

adalah Teknologi Informasi (TI), namun sudah menjadi

definisi umum bahwa istilah teknologi informasi identik

dengan komputer.

• Pada intinya istilah Teknologi Informasi (Information

Technology /IT) adalah teknologi yang memanfaatkan

komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah

data menjadi informasi yang bermanfaat.

• Pengolahan data dengan komputer tersebut juga dikenal

dengan istilah Pengolahan data Elektronik (PDE) /

Electronic Data Processing (EDP), yang didefinisikan

sebagai proses manipulasi data ke dalam bentuk yang

lebih berguna berupa informasi dengan menggunakan

komputer.

Ilmu Komputer

CSAB (Computing Sciences Accreditation Board,

http://www.csab.org) mendefinisikan Ilmu Komputer adalah

ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan

komputasi. Di dalamnya terdapat teoritika, eksperimen, dan

pendesainan komponen, serta termasuk didalamnya hal-hal

yang berhubungan dengan:

– Teori-teori untuk memahami komputer device, program,

dan sistem

– Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan

konsep

– Metodologi desain, algoritma, dan tool untuk

merealisasikannya

– Metode analisa untuk melakukan pembuktian bahwa

realisasi sudah sesuai dengan requirement yang diminta.

Peter J. Denning mendefinisikan Ilmu Komputer adalah

studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan

dan mentrasformasikan informasi, baik itu berhubungan

dengan teori-teori, analisa, desain, efisiensi, implementasi,

ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya. Dennings juga

mengklasifikasi bidang ilmu komputer yang terbagi dalam 12

subbidang (versi sebelumnya adalah 9 subbidang), yaitu :

– Algoritma dan Struktur Data (Algorithms and Data Structures)

– Arsitektur (Architecture)

– Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)

– Artificial Intelligence dan Robotik (Artificial Intelligence and

Robotics)

– Interaksi manusia dan Komputer (Human Computer Interaction)

– Organisasi Informatika (Organizational Informatics)

– Bahasa Pemrograman (Programming Languages)

– Sistem Operasi dan Jaringan (Operating Systems and Networks)

– Database dan Sistim Retrieval Informasi (Database and

Information Retrieval Systems)

– Grafika Komputer (Computer graphics)

– Ilmu Komputasi (Computational Sciences)

– BioInformatik (BioInformatics)

Keterkaitan Bidang Ilmu Komputer

Ilmu komputer berkaitan erat dengan beberapa bidang seperti :

Ilmu Informasi adalah ilmu yang mempelajari data dan

informasi, mencakup bagaimana menginterpretasi,

menganalisa, menyimpan, dan mengambil kembali. Ilmu

informasi dimulai sebagai dasar dari analisa komunikasi dan

basis data.

Rekayasa Perangkat Lunak menekankan analisa, desain, dan

konstruksi dari perangkat lunak menggunakan alat-alat dan

cara kerja yang baru.

Sistem Informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung

operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan

perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Sistem

Informasi Manajemen adalah kunci dari bidang yang

menekankan finansial dan personal manajemen.

Rekayasa Komputer adalah ilmu yang mempelajari analisa,

desain, dan konstruksi dari perangkat keras komputer.

Keamanan Informasi adalah ilmu yang mempelajari analisa

dan implementasi dari keamanan sistem informasi (termasuk

kriptografi).

MANFAAT KOMPUTER

Bidang Pendidikan

Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran dikenali sebagai CBE

(Computer Based Education). Menurut pendapat Robert Taylor, peranan

komputer dalam pendidikan dibagi menjadi 3 bagian yaitu TUTOR, TOOL dan

TUTEE. Sebagai TUTOR, komputer berperanan sebagai pengajar melalui

pendekatan pengajaran berbantukan komputer. Sebagai TOOL, komputer

menjadi alat untuk memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran seperti

konteks pengajaran berintergrasikan komputer. Komputer juga dugunakan

untuk melakukan pengolahan data proses pembelajaran, seperti pengolahan

data nilai siswa, penjadwalan, beasiswa, dan sebagainya. Sebagai TUTEE

komputer berperanan sebagai alat yang diajar, dan bisa melakukan Tanya

jawab atau dialog dengan komputer yang biasa disebut dengan CAI (Computer

Assist Instruction).

Sebagai misal, komputer memberi kemudahan dalam mencari dan

menghasilkan bahan-bahan pembelajaran yaitu dengan adanya perpustakaan

elektronik (e-library) atau buku elektronik (e-book). Dengan adanya Internet kita

bisa mencari koleksi perpustakaan berupa buku-buku, modul, jurnal, paper,

majalah, surat kabar, dan sebagainya. Bahkan kita juga bisa melakukan

pembelajaran jarak jauh melalui internet yang dikenal dengan elektronic

learning (e-learning). Bahkan saat ini di beberapa negera telah menerapkan

pembelajarannya lewat internet atau semacam universitas terbuka. Kita bisa

belajar lewat buku-buku atau modul yang disajikan secara menarik dan selain

bentuk teks dan gambar juga bisa audio-visual yang diberikan lewat internet, atau bahkan secara video conference (teleconference).

Bidang Industri dan Manufaktur

Di bidang industri, komputer dipergunakan untuk mengontrol mesinmesin

produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer

Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan, CAM

(Computer Aided Manufacture), CAD (Computer Aided Design),

yaitu untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan

dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik, misal sebuah mesin

serba guna dalam industri metal. Banyak pula mesin-mesin dalam

industri garmen dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya

melakukan pewarnaan, membuat border, dan sebagainnya. Selain

itu industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara

otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang

dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan manusia.

Contohnya tangan robot dikontrol oleh komputer digunakan untuk

memasang komponen-komponen renik dan chip-chip pada

motherboard komputer, memasang komponen-komponen pada

perangakat elektornik seperti televisi, radio/tape, dan lain

sebagainya. Bahkan merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat

berat lain telah dikontrol oleh komputer.

Bidang Bisnis dan Perbankan

Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer

akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik,

maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan

tepat.Sistem Informasi Manajemen (SIM) / Management Information

system (MIS), merupakan sistem informasi yang sudah banyak

diterapkan pada perusahaan yang bergerak bidang perdagangan

barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, bahkan

perusahaan kecil. Di perusahaan dagang seperti department store,

telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang

dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat

dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara

cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan,

menghitung rugi laba, inventori dan sebagainya.

Di bidang perbankan, telah memperkenalkan solusi core banking,

seperti Finacle, yang memberikan solusi bagi bank yang ingin

melakukan layanan finansial. Penghitungan keuangan, bunga,

layanan keuangan seperti e-banking, e-cash, ATM, dan sebagainya

merupakan contoh konkrit yang selama ini banyak digunakan di

perbankan.

Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan

Komputer sangat bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan yang

sulit dan membutuhkan presisi tinggi yang tidak mungkin dilakukan

oleh manusia. Ini biasanya digunakan untuk keperluan penelitian

dan riset. Para ahli biasanya akan mengadakan simulasi dengan

komputer sebelum menguji coba sesungguhnya dari hasil

temuannya, misalnya membuat model reaktor nuklir, membuat

model-model atom dan molekul. Komputer juga bisa digunakan

untuk bidang ilmu pengetahuan alam misalnya mempelajari

keadaan struktur tanah, keadaan angin, cuaca, dan sebagainya.

Dalam bidang bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak

yang dilengkapi dengan kontrol komputer untuk mengusahakan

ketelitian kerja pada ruang steril. Pada bidang teknik sipil komputer

digunakan untuk menghitung presisi dan kekuatan kunstruksi

bangunan, bidang arsitektur komputer digunakan untuk mensimulasi

gambar-gambar ruang secara tiga dimensi.

Bidang Penerbangan dan Kemiliteran

Di bidang penerbangan dan luar angkasa komputer

digunakan untuk mengontrol kendali pesawat

menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat,

mengontrol panel-panel kendali seperti keadaan mesin,

bahan bakar, dan kecepatan. Komputer juga digunakan

untuk mengontrol pesawat ruang angkasa baik dengan

awak maupun tanpa awak ke planet dan mempelajari

keadaan dan isi planet.

Dibidang militer komputer digunakan untuk

mengendalikan senjata atau peluru kendali. Untuk

navigasi kapal laut dan kapal selam, untuk melakukan

simulasi peperangan, dan melakukan pengiriman sandisandi rahasia militer.

Bidang Kedokteran

Di bidang kedokteran komputer sangat berperan untuk menolong

jiwa manusia, dan riset bidang kedokteran. Komputer digunakan

untuk mendiagnosa penyakit, menemukan obat yang tepat,

menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat.

Sistem CAT (Computerized Axial Tomography) untuk menggambar

struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak

bergerak dengan menggunakan sinar-X. Sedangkan untuk yang

bergerak menggunakan sistem DSR (Dynamic Spatial

Reconstructor), yaitu melihat gambar dari berbagai sudut organ

tubuh. SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography),

merupakan sistem komputer yang mempergunakan gas radiokatif

untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam

bentu gambar. Bentuk lain adalah PET (Position Emission

Tomography) juga merupakan sistem komputer yang menampilkan

gambar yang mempergunakan isotop radioaktif. Selain itu NMR

(Nuclear Magnetic Resonance), yaitu teknik mendiagnosa dengan

cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hydrogen.

Saat ini telah ada temuan baru yaitu komputer DNA, yang mampu

mendiagnosis penyakit sekaligus memberi obat.

Bidang Kriminalitas

Komputer dapat digunakan untuk Crime analaisis Support system,

yaitu sistem pendukung keputusan bidang kriminalitas. Polisi dapat

mempelajari fakta dan mengambil kesimpulan dengan cepat dan

tepat, misalnya mendeteksi pelanggaran lalu lintas, melakukan sidik

jari, dan sebagainya. Sistem komputer lain yang digunakan untuk

bidang kriminalitas adalah :

PROMIS (Prosecutor-Offender management Information System),

yang dapat memberikan informasi mengenai masalah-masalah

kriminalitas mana yang paling penting dan dapat memberikan

informasi mengenai bukti-bukti dari tertuduh untuk dibawa ke

pengadilan.

CATCH (Computer-Assisted Terminal Criminal Hunt), menyediakan

informasi mengenai deskripsi secara mendetail dari orang-orang

yang dicurigai dan akan tampil di layer komputer.

MOTION (Metropolitan Orleans Total Information Online Network),

menyediakan informasi tentang orang-orang yang pernah terlibat

kejahatan berupa data pribadi, nama samaran, sidik jari, dan foto

dari berbagai sudut.

ARJIS (Automated Reginal Justice Information System),

menyediakan informasi sidik jari dan tingkah laku pelaku kriminal.

Bidang Entertainment dan Games

Saat ini komputer tidak saja digunakan pada bidangbidang

pekerjaaan dan penelitaian saja. Namun banyak

yang digunakan untuk bidang entertainment dan

permainan (games).

Bidang entertainment misalnya untuk pembuatan

animasi, periklanan, settting, bahkan untuk bermain

musik. Di bidang Permainan komputer bisa digunakan

untuk permainan (games) tiga dimensi (3D) dilengkapi

dengan audiovisual yang menarik dan memberikan

special efect. Bahkan kita dapat bermain dengan teman

dalam satu komputer. Atau kita bermain dengan lawan

dari komputer itu sendiri, misalnya bermain catur dan

kartu.

Bidang Komunikasi Jaringan Global (Internet)

Dengan adanya komunikasi jaringan global pada

komputer yang biasa disebut dengan internet, rasanya

manusia yang menggunakan internet seolah bisa

“menggengam dunia”. Segala sesuatu yang dibutuhkan

tersedia pada internet baik yang gratis maupun

membayar. Dengan internet manusia bisa melakukan

komunikasi data teks, gambar, video, suara, bahkan

komunikasi audiovisual secara langsung.

Pengguna internet bisa mencari informasi apa saja yang

dibutuhkan misalnya ; informasi berita, sekolah, buku

dan perpustakaan, kencan dan perjodohan, belanja atau

pembayaran on-line, chatting, memutar radio, video,

musik, bermain games,saling menukar informasi dan

data (mail), konsultasi dan Tanya jawab, pooling,

periklanan, dan bahkan merusak komputer orang lain

dari jarak jauh, pesan kamar hotel, tiket pesawat, dan

sebagainya.

Bidang Pemerintahan

Hampir setiap perkantoran suatu instansi pemerintahan telah menggunakan

komputer. Penggunaannya mulai sekedar untuk mengolah data

administrasi tata usaha, pelayanan masyarakat (public services),

pengolahan dan dokumentasi data penduduk, perencanaan, statistika,

pengambilan keputusan, dan lain sebagainya.

E-Government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat

meningkatkan hubungan antara Pemerintah dan pihak-pihak lain.

Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan

bentuk baru seperti: G2C (Government to Citizen), G2B (Government to

Business Enterprises), dan G2G (inter-agency relationship). Bahkan saat ini

dengan adanya e-government, komputer memiliki peran yang sangat

penting bagi pemerintah untuk melakukan sosialisasi berbagai kebijakan,

melakukan pemberdayaan masyarakat, termasuk kerjasama antar

pemerintah, mayarakat, dan pelaku bisnis, memperkenalkan potensi

wilayah dan pariwisata, dan sebagainya.

Dimungkinkan bahwa teknologi informasi dalam masa yang akan datang

akan digunakan untuk pengambilan keputusan politik, misalnya untuk

pemilihan umum (E-voting) Selain itu masyarakat bisa menyampaikan

aspirasi secara langsung kepada para eksekutif dan legislative pemerintah

melalui e-mail atau elektronik forum melalui web yang dibangun pemerintah

setempat

Kemampuan Komputer

Kecepatan dan ketepatan dalam mengolah data

dan menghasilkan informasi adalah kemampuan

utama yang dimiliki komputer. Selain itu

kemampuan kapasitas penyimpanan data dalam

memori atau simpanan luar seperti harddisk

saat ini terjadi peningkatan kapasitas yang

sangat luar biasa. Kemampuan-kemampuan lain

yang dimiliki komputer adalah kecepatan

mengirim data dalam format apapun antar

komputer dalam jaringan wilayah lokal, regional,

maupun global.

Kecepatan akses data dalam sebuah operasi

komputer dinyatakan dalam satuan seperti

Millisecond (ms), Microsecond (ms), Nanosecond

(ns), Picosecond (ps). Satuan Picosecond (ps)

merupakan satuan waktu yang paling cepat dalam

sebuah akses komputer.

Komputer juga memiliki satuan kapasitas

penyimpanan ingatan (memory) yang bisa dinyatakan

seperti table 1.2. dibawah. Saat ini penyimpanan luar

seperti harddisk telah diproduksi dengan kapasitas

memori ratusan GB (GegaByte).

Perkembangan Gaya Komputasi

Gaya komputasi (Computing Style) dapat didefinisikan sebagai perkembangan gayagaya

komputasi yang terjadi pada suatu masa tertentu. Berdasarkan analisis

yang dilakukan oleh Gartner Group, gaya-gaya komputasi terbagi menjadi

Punch-Card Computing, Mainframe/Midrange Computing, Client/Server), dan

Internet/Network Computing. Secara skematis gaya-gaya tersebut dapat dilihat

pada gambar dibawah ini

Karakteristik Komputer

• Komputer tidak mempunyai perasaan atau emosi, sehingga komputer dalam melakukan

aktifitasnya akan bersifat statis.

• Komputer mampu menyimpan data yang besar dan dalam waktu yang lama,dan sifat data yang

disimpan bersifat dinamis, diamana sewaktu-waktu data dapat dilakukan perubahan dan

pembaharuan jika dikehendaki.

• Komputer bisa melakukan pengurutan dan pencarian dalam waktu yang singkat dalam hitungan

detik bahkan milidetik meskipun jumlah data sangat besar. Bahkan pengurutan dengan komputer

bisa dilakukan secara menaik (ascending) atau pengurutan menurun (descending) dalam waktu

sekejap.

• Komputer mampu mengolah data perhitungan yang besar dengan cepat dan akurat. Perhitungan

aritmatika, logika, dan perhitungan apapun bisa dilakukan dengan presisi yang mendekati

seratus persen kebenarannya. Komputer yang berkembang saat ini dalam perhitungan aritmatik

komputer sanggup melakukan perhitungan sampai jutaan triliun dengan angka desimal yang

bisa dikatakan tak terhingga.

• Komputer juga. mampu menerima dan mengeluarkan data atau informasi yang besar dalam

waktu yang cepat.

Keterbatasan Komputer

• Tidak bisa berpikir secara dinamis, seperti manusia. Manusia berpikir akan diikuti atas perasaan

dan naluri yang bisa menimbulkan reaksi senang, sedih, dan sebagainya, sehingga dalam

pengambilan keputusan manusia mendasarkan pada pikiran dan perasaan (hati), sedangkan

komputer hanya berdasarkan perhitungan saja.

• Pekerjaan yang dilakukan komputer bisa mengurangi tenaga kerja manusia, akibatnya banyak

tenaga manusia yang tidak terpakai, sehingga banyak timbul pengangguran.

• Data yang tersimpan dalam komputer memiliki resiko yang lebih tinggi, karena dimungkinkan

bisa diambil atau disadap oleh pengguna lain (hacker), meskipun telah diberi pelindung program

atau password. Seperti terjadinya pemalsuan transaksi seperti di perbankan dan pembobolan